Mon. Nov 28th, 2022

Otak seperti bagian tubuh kita yang lainnya, mereka bergantung terhadap nutrisi yang spesifik untuk kepentingan fungsinya yang tepat. Seperti layaknya kebanyakan aspek perilaku dan kognisi manusia, kecerdasan merupakan sifat kompleks yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

Namun terdapat beberapa makanan tertentu yang menawarkan nutrisi untuk memasok otak dengan bahan mentah yang dapat memaksimalkan fungsi otak bekerja pada tingkat optimal. Menurut Harvard Health, tidak ada satu pun makanan yang dapat memastikan otak tajam seiring bertambahnya usia.

Ahli gizi menekankan bahwa makanan sehat yang paling penting adalah mengikuti pola diet sehat yang mencakup banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kita semua memiliki gagasan umum tentang apa yang harus dimakan agar tetap ramping dan sehat, tetapi makanan tertentu dapat membantu meningkatkan otak dan tubuhmu dengan membantu mempersempit fokus, meningkatkan daya ingat, menghilangkan stres, dan mengurangi kelelahan.

Berikut makanan yang dapat membuat otak cerdas.

Kacang hitam

“Dopamin neurotransmiter bertanggung jawab untuk membantu kita fokus dan berpikir cepat, tetapi kebanyakan orang tidak menyadari bahwa setengah dari dopamin yang digunakan tubuh kita dibuat di usus kita,” kata Christine Bishara, MD, pendiri From Within, dikutip dari Eatthis.com.  

Ini berarti bahwa beberapa makanan yang kita makan benar-benar dapat meningkatkan produksi dopamin dan membuat kita lebih pintar. Makanan yang secara alami meningkatkan dopamin harus mengandung prekursornya, asam amino Tirosin. Ini termasuk berbagai jenis kacang-kacangan, terutama kacang hitam, kacang merah, dan kacang-kacangan. kenari, telur, dan keju. 

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti Ikan sarden, tuna, salmon, makerel (tenggiri dan kembung), haring, kod. Ikan kakap merah dan lainnya, merupakan sumber lemak yang baik. Ikan-ikan ini merupakan sumber asam lemak Omega 3 dan DHA, penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Lemak tak jenuh sehat untuk penurunan kadar beta-amiloid dalam darah serta protein di otak bagi penderita alzheimer.

Dark chocolate

“Dipenuhi dengan flavonoid, kafein, dan antioksidan yang memiliki sifat meningkatkan otak. Cokelat adalah penambah suasana hati yang terkenal, dan menurut penelitian, dapat meningkatkan memori dan suasana hati. Ada bukti bahwa flavonoid kakao dapat meningkatkan fungsi kognitif secara akut pada otak. manusia, mungkin melalui mekanisme seperti peningkatan aliran darah otak,” kata Dr. Byakodi.

Brokoli

Dilansir dari Thehealthy.com, sayuran seperti brokoli mengandung senyawa sulforaphane, zat yang menurut studi tahun 2017 di Journal of Cerebrovascular Disease & Stroke dapat melindungi otak. Brokoli juga menawarkan vitamin K, penting untuk fungsi otak yang sehat.

Faktanya, sebuah penelitian yang lebih tua menilai asupan makanan pasien dengan penyakit Alzheimer tahap awal dan menemukan bahwa mereka mendapat jauh lebih sedikit vitamin K dari makanan mereka daripada orang tanpa penyakit.

Telur

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa kolesterol dalam telur perlu diperhatikan, tetapi sekarang diperkirakan kita bisa makan telur dengan aman sehari. Dalam sebuah studi tahun 2017 di The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Finlandia menemukan bahwa makan telur dapat meningkatkan kekuatan otak, dan sebagian besar manfaatnya mungkin karena kolin, yang merupakan nutrisi penting yang penting untuk metabolisme.

Para peneliti memantau diet sekitar 2.500 pria tanpa demensia selama sekitar 22 tahun. Tidak hanya pemakan telur biasa yang lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia atau penyakit Alzheimer, tetapi juga terkait dengan kinerja yang lebih baik pada tes kognitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *